P.P.S.I. DALAM PENDIDIKAN AGAMA
- Pengertian
Prosedur Pengembangan Sistem Instruksional (P.P.S.I.) ialah suatu bentuk pengajaran yang didasarkan kepada system, yaitu suatu kesatuan yang terorganisir, yang terdiri dari sejumlah komponen yang saling berhubungan satu dengan yang lain, dalam rangka mencapai tujuan tertentu.
Adapun sejumlah komponen yang harus ada dalam system instruksional tersebut antara lain: materi pelajaran, metode mengajar, alat/sumber, evaluasi dan lain-lain yang semuanya saling berinteraksi guna mencapai tujuan instruksional yang telah dirumuskan terlebih dahulu.
B. Langkah- Langkah Pokok Dalam P.P.S.I.
- Merumuskan tujuan Instruksional
- Menetapkan materi/ bahan pelajaran
- Menetapkan kegiatan belajar mengajar
- Menetapkan alat pengajaran
- Menetapkan alat evaluasi
a. Merumuskan tujuan Instruksional
Tujuan Instruksional tersebut ada 2 macam:
- Tujuan instruksional umum: adalah tujuan yang sudah dirumuskan dalam kurikulum
- Tujuan Instruksional khusus: adalah hasil perumusan dari guru sendiri, sebagai penjabaran daripada TIU
Adapun istilah-istilah yang tepat dipakai dalam merumuskan TIK antara lain:
- melakukan - menyebutkan
- membedakan - menjelaskan
- memilih - mendemonstrasikan
- menuliskan -menyusun
b. Menetapkan bahan materi pelajaran
Setelah diketahui TIU yang akan dicapai, kemudian dirumuskan TIK, maka dapat ditetapkan pula bahan pelajaran yang akan disajikan kepada murid. Bahan pelajaran tersebut harus sesuai dan tidak boleh menyimpang dari tujuan instruksional yang sudah dirumuskan.
c. Menetapkan kegiatan belajar-mengajar
Hal ini menggambarkan pokok-pokok kegiatan yang akan dilakukan oleh guru dan murid selama proses pelajaran itu berlangsung, sesuai dengan bahan pelajaran yang diberikan.
d. Menentukan Alat pelajaran dan sumber bahan
Menetapkan dan menyiapkan alat-alat pelajaran yang akan digunakan selama proses kegiatan belajar mengajar berlangsung, misalnya: gambar, bagan dan lain lainnya. Disamping itu juga menyebutkan sumber bahan atau kepustakaan yang dipergunakan dalam pengajaran itu, untuk menunjang tercapainya TIK.
e. Menetapkan alat evaluasi
Menentukan alat evaluasi yang akan di pergunakan untuk mengadakan evaluasi (pre test, post test, atau jenis test, lisan, tulis, perbuatan dan lain-lain).
0 komentar:
Posting Komentar